Saturday, April 9, 2011

tips membeli komputer baru atau bekas

Anda dapat membeli sebuah komputer bekas dengan harga- harga yang relatif rendah bahkan sangat rendah. Anda pasti berpikir dan mengira-ngira tentang kondisi barang bekas itu, jangan-jangan …..

Di bawah ini adalah uraian daftar berbagai komponen yang ditemukan dalam sebuah komputer yang mudah-mudahan bermanfaat tentang apa yang harus dicari tau dan ditanyakan ketika membeli sebuah komputer baru atau bekas sehingga kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide umum mengenai komputer dan bagaimana Anda ingin mengkonfigurasi komputer tersebut.

1. CD Media

CD-ROM selalu akan menjadi pertimbangan penting saat membeli komputer baru atau bekas. CD-ROM drive memiliki kecepatan transfer atau kecepatan mulai dari 52X hingga 72x atau lebih. Sebagai contoh, sebuah 52X CD-ROM drive memiliki data transfer rate 7.200 Kbps (yaitu 48 x 150 = 7.200) atau 7,2 MBps. Dan semakin tinggi angka, semakin bertambah pula kecepatan CD-ROM. Kecepatan ini biasanya hanya akan terlihat ketika menginstal sebuah program atau menyalin data dalam jumlah besar dari CD.

CD-RW (Compact Disc Rewritable) mampu membaca hingga 52X atau lebih akan tetapi untuk menulis ulang biasanya hanya 10x atau lebih. CD-RW merupakan inovasi setelah CD-R drive dan mampu menulis data pada kedua jenis disk yaitu CD-R dan CD-RW.

DVD (Digital Video Disk - Versatile Disc). DVD-ROM optical disc mempunyai kapasitas yang sangat tinggi dengan kapasitas penyimpanan 4,7 GB hingga 17 GB. Secara khusus digunakan untuk menyimpan film film serta digunakan untuk menyimpan database besar, musik, perangkat lunak yang rumit dll. Kalau anda memang hobi mengkoleksi software master maupun video, disarankan memilih jenis ini sehingga dapat menghemat karena tidak terlalu banyak menghabiskan CD-R dan praktis.

Pilihan DVD: DVD-R, DVD-R DL, DVD + R, DVD + R DL, DVD-RW, DVD + RW, DVD + RW DL, DVD-RAM. bingung niii..iiiih....

2. Hard Drive / Hard Disk

Sebagian besar program-program aplikasi dan sistem operasi membutuhkan hard disk untuk instalasi dan operasi termasuk penyimpanan data. Jika komputer merupakan hobi atau pekerjaan anda, dapat menggunakan Hard disk yang mempunyai kapasitas penyimpanan data yang besar seperti 160 GB.

Hard Disk berkapasitas kecil seringkali menjengkelkan saat kita sedang melakukan instalasi maupun penyimpanan data yang dengan tiba-tiba keluar peringatan yang menyatakan bahwa "hard disk penuh alias gak cukup bro...!!".

3. Processor

Prosesor dianggap sebagai otak komputer disebut juga dengan CPU (Central Processor Unit). Komponen ini mengambil instruksi program dari memori utama dan mengeksekusi mereka satu per satu. Kecepatan CPU diukur dalam Mega Hertz atau Giga Hertz dengan kecepatan dari 500 MHz hingga 3,4 GHz, bergantung pada kebutuhan pengguna. Hal utama prosesor adalah kompatibilitas dengan motherboard.

Perhatikan juga kondisi motherboard, jangan sampai larinya terbirit-birit. Misalnya saja, seekor kuda sebagai prosesornya dan anda sebagai motherboardnya, ikatkan leher anda dengan leher kuda dan ajaklah kuda tersebut berlari sekuat tenaga bersama-sama dengan anda. Waduh, kira-kira yang babak belur siapa ya....?

Perhatian !
Jangan meniru adegan diatas ! emangnya gila kali

Jadi Processor dan Motherboard merupakan Persatuan dan Kesatuan yang harus kompatibel.

4. Motherboard

Pertimbangan utama lainnya adalah ketersediaan slot kartu tambahan untuk penempatan misalnya VGA Card, LAN card dan Modem internal. Anda dapat menggunakan motherboard yang kaya dengan feature, ini bertujuan untuk memanjakan anda dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap sehingga anda dapat dengan mudah menggunakannya sesuai kebutuhan anda.

Bayangkan saja kalau Motherboard kita cuma punya 1 socket USB dan biasanya terletak di bagian belakang PC, ini pasti sangat merepotkan.

5. Memory

Menggunakan memory berkapasitas besar seperti 2 GB dapat meningkatkan kecepatan prosesi data komputer. Sama halnya kalau kita menuangkan semangkuk mie rebus ke dalam ember akan lebih mudah dan cepat daripada menuangkannya ke dalam botol kecap. kok gitu sih......

Semoga uraian diatas dapat membantu anda dalam mengambil keputusan sebelum membeli sebuah komputer.
Semoga Bermanfaat..

artikel terkait:

Judul Arikel tips membeli komputer baru atau bekas
Oleh Fahmi Aziz pada |8:03 PM .
Deskripsi dari artikel tips membeli komputer baru atau bekas. Rating: 5

1 comment:

Pulsa3point said...
This comment has been removed by the author.