Thursday, August 2, 2012

Kabel dan Konektor untuk membuat jaringan LAN

Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer yang lain, atau dengan peralatan yang lain yang membentuk suatu jaringan.dan untuk membuat sebuah jaringan LAN. kabel yang sering di pakai setidak-tidaknya ada tiga jenis kabel yaitu :
  • Jenis kabel serat optik menggunakan konektor SC dan ST. kerusakan atau gangguan yang di sebabkan oleh jenbis kabel ini sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan khusus dalam perawatan jaringan
  • Jenis kabel UTP atau kabel RJ45. jenis kerusakan atau gannguan yang disebabkan kabel ini biasanya adalah kabel tidak terpasang dengan baik terhadap konektor, susunan pengkabelan yang salah, kabel putus.jaringan kabel UTP kesalahan yang muncul relatif sedikit karena jaringan yang terpasang menggunakn topologi star,workstation secara paralel dengan menggunakan switch / hub,sehingga yang sering terjadi gangguan pada workstationnya saja.
  • Jenis kabel coaxial dengan konektor BNC. dengan menggunakan kabel ini akses yang di miliki cukup lambat di bandingkan dengan kabel yang lainnya.gangguan yang sering terjadi adalah konektor longgar atau tidak konek,kabel short dan kabel terbuka resistor pada terminating conector. short pada pemasangan ini akan mengakibatkan system jaringan akan down dan komunikasi antara komputerpun berhenti.
Itulah beberapa jenis kabel yang sering di pakai dalam membuat sebuah jaringan LAN

artikel terkait:

Judul Arikel Kabel dan Konektor untuk membuat jaringan LAN
Oleh Fahmi Aziz pada |8:26 PM .
Deskripsi dari artikel Kabel dan Konektor untuk membuat jaringan LAN. Rating: 5

No comments: