Monday, May 21, 2012

PUASA RAJAB

Hari ini bertepatan tanggal 1 rajab, dari kemarin sampai hari ini banyak sekali sms masuk di hp saya yang mengingatkan untuk kita berpuasa di bulan rajab, tapi apakah sebenarnya ada sunahnya untuk kita berpuasa 2 hari di bulan rajab. kali ini saya akan sedikit memberikan informasi apa ada dalil khusus tentang puasa rajab.

Tidak ada dalil khusus tentang puasa rajab, namum yang ada adalah puasa sunah di bulan harom yaitu: pada bulan Dzulqodah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rajab.jumhur ulama mengungkapkan adanya anjuran puasa pada bulan tersebut berdasarkan hadits berikut, : yang artinya " Sholat yang utama setelah sholat fardhu adalah sholatdi tengah malam, dan puasa yang paling utama setelah puasa romadhon adalah puasa di bulan muharrom,Dzulqodah,Dzulhijjah,muharrom,dan rajab ( H.R. muslim )

Itu artinya jika ada yang mau puasa di bulan rajab, maka puasa yang di lakukan bukan lah puasa rajab, tapi puasa di bulan harom, karena rajab termasuk di dalam bulan harom.dan salah jika kita memahaminya sebagai puasa sunah rajab,karena tidak ada dalil khusus yang mengatakan seperti itu begitu pual dengan para ulama

maka bagi mereka yang ingin puasa di bulan rajab, seharusnya tidak berpuasa hanya di bulan rajab saja, mereka juga harus berpuasa di bulan harom lainnya ( muharrom, Dzulqodah, Dzulhijjah ). dan pengkhususan berpuasa di bulan rajab ini makruh menurut para ulama.berdasarkan hadits berikut.
yang artinya " Bahwa nabi muhammad melarang puasa rajab ( maksudnya melarang mengkhususkan puasa di bulan rajab " (H>R ibnu majah )

 jadi kesimpulannya:
  1. boleh berpuasa di bulan rajab atas dasar bahwa puasa yang dilakukan adalah termasuk jenis puasa sunah  di bulan harom
  2. makruh jika hanya  mengkhususkan puasa di bulan rajab saja,alangkah baiknya jika puasa dilakukan dengan puasa di bulan harom lainnya ( Dzulqodah,Dzulhijjah,Muharrom )
Dan saya ingin mengucapkan selamat berpuasa tgl 1, 2 rajab ini bagi yang menjalankannya.jangan lupa memanjatkan doa dengan memohon  Ya Allah kami memohon keberkahan di bulan rajab dan sya'ban dan sampaikanlah kami di bulan ramadhan.

artikel terkait:

Judul Arikel PUASA RAJAB
Oleh Fahmi Aziz pada |11:25 PM .
Deskripsi dari artikel PUASA RAJAB. Rating: 5

No comments: