Thursday, July 19, 2012

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan

Ramadhan adalah bulan baik bagi orang tua untuk dapat secara langsung mengajarkan buah hati menjalankan ibadah, yang disesuaikan dengan kondisinya, karena anak belum mampu menahan godaan makan dan minum dari fajar hingga terbenamnya matahari seperti halnya orang dewasa.Ia juga tidak begitu faham mengapa harus menjalankan puasa.

Kewajiban orang tua untuk membuatnya mereka lebih memahami agamanya, dan puasa itu sendiri, Ada bebearap tips mengajarkan anak berpuasa di bulan ramadhan, berikut tips nya :
  • Perkenalkan puasa sejak dini
Puasa merupakan rukun islam yang wajib di kerjakan oleh seluruh umat muslim yang beriman, dan anak yang belum masuk aqil baligh atau puber memang tidak di wajibkan untuk berpuasa, tetapi apa salahnya kalau kita sebagai orang tua mengajarkandan memperkenalkannya sejak dini. jelaskan padanya bahwa seorang umat muslim yang baik harus lah taat kepada semua perintahnya dan menjauhi larangannya yang tertera di dalam alquran, berkaitan dengan puasa yaitu tidak makan dan minum di siang hari dari fajar hingga terbenamnya matahari.Agar anak lebih mengenal puasa ramadhan, maka sebaiknya ciptakan Euforia dalam menyambut kedatangan bulan ramadhan, misalnya mempersiapkan makanan favoritnya.
  • Ajak serta anak dalam menjalankan ibadah
Dengan tanpa paksaan ajak anak anda untuk ikut sahur,dan berikan pengertian padanya untuk menjalankan ibadah puasa, jika tidak bisa puasa penuh,ijinkan untuk berbuka setengah hari. Pujilah kemampuannya dan berikan insentif supaya memotivasi untuk bisa berpuasa penuh.serta ikutkan lah anak anda dalam ibadah yang lainnya misalnya sholat,kuliah subuh, mengaji dll.
  • Ajak mereka menyiapkan menu ta'jil
Anak sangat menyukai membuat sesuatu sambil bermain, buatlah minuman misalnya es campur, atau buat kue-kue yang menarik  dan warna warni untuk di santapnya ketika berbuka. hal ini dapat membuat mereka semakin mencintai bulan yang penuh rahmat ini. insya allah.

Itulah beberapa tips yang bisa saya tulis semoga bisa bermanfaat bagi orang tua yang sedang menyiapkan generasi islaminya.






artikel terkait:

Judul Arikel Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan
Oleh Fahmi Aziz pada |8:24 PM .
Deskripsi dari artikel Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan. Rating: 5

1 comment:

xfancomp said...

sipp,gita. salam kenal yaaa langsung ke TKP