Monday, August 13, 2012

Cara Service Monitor Samsung 17 inc flat kedip

Cara Service Monitor Samsung 17 inc flat kedip, Pagi ini saya dapat panggilan untuk memperbaiki monitor komputer di toko komputer langganan saya, setelah saya cek monitor tersebut ternyata monitor hanya merespon dengan satu kedipan yang di tandai dengan lampu indikataor yang menyala sekali kemudian mati lagi.kemudian langsung saja saya bongkar monitor tersebut dan kondisi di dalam monitor samsung tersebut sangat lah teruk, kotor dan debu banyak sangat.




Lantas saya mengambil sebuah penyedot debu untuk membersihkan debu yang menempel pada mesin atau PCB monitor , setelah semuanya bersih kemudian mulai dengan pengukuran beberapa komponen yang mencurigakan yaitu komponen di sekitar bagian horisontal, seperti transistor,switching horisontal, dan FBT (flyback ) ternyata di dapatkan komponen yang rusak yaitu FBT yang kaki kapasiotnya short dengan katoda fbt. kemudaian saya melepasnya dan melakukan pembuangan kaki kapasitor pada FBT.

Setelah kaki kapasitor terbuang lalu saya memasangnya kembali dan melakukan pengujian terhadap monitor tersebut , dan apa yang terjadi ? ternyata  lampu indikator normal tidak kedip lagi tetapi masalah tidak selesai sampai di situ karena gambar pada monitor belum nampak maka saya putuskan untuk kroscek . setelah saya kroscek kembali ternyata sebuah elko dengan ukuran 150uf/63v rusak, kemudian saya melakukan penggantian. dan setelah di coba lagi monitorpun menampilkan gambarnya dan saya melakukan adjusment focus pada FBT .

Demikian sedikit pengalaman dari saya mengenai Cara Service Monitor Samsung 17 inc flat kedip, dengan kesimpulan yaitu bagian horisontal yang mengalami kerusakan ,semoga bisa bermanfaat.


artikel terkait:

Judul Arikel Cara Service Monitor Samsung 17 inc flat kedip
Oleh Fahmi Aziz pada |7:23 PM .
Deskripsi dari artikel Cara Service Monitor Samsung 17 inc flat kedip. Rating: 5

No comments: