Saturday, September 22, 2012

Cara Service Monitor Zyrex lampu indikator kedip

Kali ini saya mencoba menulis lagi tentang cara service monitor zyrex dengan kerusakan lampu indikator kedip. kemaren siang saya mendapat panggilan service di toko komputer di daerah tangerang tepatnya di pasar lama. 

Dan saya pun mulai melakukan perbaikan terhadap monitor tersebut, awalnya saya kira ini penyakitnya di sebabkan oleh Transisitor atau elko yang sudah rusak, tetapi setelah saya periksa satu persatu tidak ada yang mencurigakan terhadap elko dan transistornya, lantas aku lanjutkan dengan pengukuran kecil terhadap tegangan -tegangan yang terdapat dalam monitor, saya mencoba melakukannya yang pertama dengan mengukur tegangan yang mempunyai ukuran 80 volt. probe multitesterpun aku arahkan ke tegangan tersebut. dan di dapati tegangan normal.akan tetapi setelah saya cek di bagain yang mempunyai teganagn 12 volt. teganan tersebut tidak ada.

Tegangan tersebut melewati IC KA7812 nah pada kaki output ic tersebut yang seharusnya bernilai 12 volt, hanya terdapat 5 volt, pantas saja lampu indikator kedip seperti tidak kuat untuk menampilkan gambar., setelah aku melakukan penggantian IC tersebut , gambarpun normal.

jadi kesimpulan dari kerusakan monitor seperti di atas adalah IC 12 volt yang sudah rusak.perlu di ingat letak ic tersebut saling berdekatan dengan Ic 5 volt. dan monitor yang saya perbaiki kali ini adalah Zyrex dangan mesin mirip dengan mesin samsung.


artikel terkait:

Judul Arikel Cara Service Monitor Zyrex lampu indikator kedip
Oleh Fahmi Aziz pada |9:20 PM .
Deskripsi dari artikel Cara Service Monitor Zyrex lampu indikator kedip. Rating: 5

No comments: