Thursday, June 13, 2013

Polytron Lsidi 21 flat gambar pelangi tipis

Polytron Lsidi 21 flat gambar pelangi tipis, dalam kasus kerusakan seperti ini bisa di tebak kemungkinan besar kerusakan pada bagian vertikal yang belum kerja. setelah saya bongkar TV dan melakukan pengecekan secara fisik ternyata ada  satu buah elko yang melembung yaitu elko dengan nilai 470 uf/35 v. melihat kondisi seperti itu saya langsung mencoba dengan mengganti elko tersebut. setelah di ganti dan melakukan penyolderan ulang pada bagian vertikal kemudian saya melakukan percobaan ehhh ternyata gambar sama saja yaitu hanya pelangi tipis.



Akhirnya saya melakukan pengukuran tegangan 14 Volt pada IC vertikal dan tegangan OK. kecurigaan saya tertuju pada IC vertikal dengan seri LA78141. saya pun mencoba menggantinya dengan Ic baru dan mengganti berikut elko -elko di sekitarnya yakni 100uf/50v, 1uf/50 v ada 3 buah. kemudian melakukan pengetesan byarrr  tv pun menyala tetapi masih cacat yakni hanya muncul bagian atas saja,dan bagian bawah gelap.

Setelah cek sana sini ternyata sebuah resistor dengan nilai 1 ohm sudah soak ,kalu di ukur masih bisa nyambung , resistor itu terhubung dengan tegangan min 12 v, yang masuk ke vertikal,, sehingga Ic vertikal tidak normal bekerjanya. setelah melakukan penggantian resistor tersebut,,, alhamdulilah TV pun kembali normal.
semoga bisa bermanfaat.


artikel terkait:

Judul Arikel Polytron Lsidi 21 flat gambar pelangi tipis
Oleh Fahmi Aziz pada |7:47 PM .
Deskripsi dari artikel Polytron Lsidi 21 flat gambar pelangi tipis. Rating: 5

No comments: