Friday, June 22, 2012

Cara Service Monitor hanya Garis Horisontal

Cara Service Monitor hanya Garis Horisontal, Kali ini saya akan menulis cara service monitor dengan kerusakan hanya gambar horisontal , Untuk kerusakan seperti ini penyebabnya adalah pada rangkaian Vertikal. Kebalikannya apabila kerusakannya hanya gambar vertikal, maka penyebab kerusakan adalah bagian horisontal.

Untuk itu langkah yang harus di kerjakan adalah mengecek bagian Vertikal, biasanya di sebabkan oleh IC vertikal yang rusak. tetapi kalau untuk monitor-monitor yang belum pernah service biasanya hanya open solder pada bagian vertikal. dan kita hanya melakukan solder ulang pada bagian tersebut.

Tipe IC vertikal yang sering di pakai pada monitor adalah TDA 8172, hampir sebagian besar monitor menggunakan tipe ini. kalau untuk monitor jadul memang macam2 tipenya. Perlu kita ketahui bahwa tegangan untuk bagian vertikal adalah 12 v, jadi alangkah lebih baik nya sebelum melakukan pergantian ic vertikal lebih baik kita cek tegangan dulu untuk memastikan bahwa tegangannya masuk atau tidak.

Pengalaman pribadi saya menegnai service monitor gejala seperti ini, adalah karena kerusakan ic vertikalnya dan kalau tidak icnya, paling-paling hanya open solder pada bagian vertikal.






artikel terkait:

Judul Arikel Cara Service Monitor hanya Garis Horisontal
Oleh Fahmi Aziz pada |3:04 AM .
Deskripsi dari artikel Cara Service Monitor hanya Garis Horisontal. Rating: 5

No comments: