Monday, July 30, 2012

Cara Service monitor Gview tidak ada gambar

Pada kesempatan ini saya akan menulis bagaimana cara service monitor Gview tidak ada gambar, pagi ini saya dapat panggilan di kota tangerang untuk service monitor di toko komputer yang biasa menggunakan saya untuk melakukan perbaikan monitor apa bila terdapat pasien. kali ini pasien monitornya dengan merk Gview 15 inch yang kerusakannya adalah tidak ada gambar.


Monitor Gview memiliki mesin pcb yang sama dengan monitor cina lainnya seperti advance, spc,multimax dll.seperti biasanya dalam melakukan perbaikan monitor langkah yang pertama dengan membuka semua baut yang terdapat dalam monitor dan melakukan pembersihan PCB. setelah ritual yang saya lakukan selesai dengan melakukan pengukuran terhadap beberapa komponen yang sering rusak pada monitor, karena kerusakan nya hanya tidak ada gambar alias tidak bisa menampilkan gambar yang di hasilkan oleh VGA maka komponen yang saya ukur adalah bagian horisontal.

Ternyata setelah mendeteksi semua dari mulai pengukuran terhadap transisitor HOT, sampai kapasitor milar serta beberapa elko, di dapati FBT (playback) yang retak body. Nah itu kemungkinan yang menyebabkan monitor tidak bisa tampil, setelah saya lepas FBT dan menambal bagian yang retaknya menggunakan lem bakar, saya pun kemudian mulai melakukan percobaan dan meyalakannya al hasil gambarpun tampil. tapi tidak berlangsung lama sekitar lima menit terdengar bunyi terrrrrrrrrrrrrr, dan itu di sebabkan karena FBT yang retak tadi.

Kemudian saya mulai mencari-cari FBT yang sama, yaitu ada monitor advance yang rusak lalu saya mengambil FBT nya dan memasangnya ke monitor Gview, karena PCBnya sama jadi dengan mudah tidak ada modifikasi satu pun. singkat cerita setelah di ganti dengan FBT yang baru monitor Gview pun hidup kembali dengan normal.


artikel terkait:

Judul Arikel Cara Service monitor Gview tidak ada gambar
Oleh Fahmi Aziz pada |12:17 AM .
Deskripsi dari artikel Cara Service monitor Gview tidak ada gambar. Rating: 5

No comments: