Monday, July 30, 2012

Fungsi LAN,MAN,WAN dan beberapa contohnya

Berikut ini saya akan menuliskan tentang fungsi dari LAN , MAN , WAN dan beberapa contohnya . langsung saja untuk yang pertama adalah
  • LAN ( local Area Network )
adalah koneksi perangkat seperti ( komputer,printer, storage dan sebagainya )yang berada di satu kolasi misalnya gedung,perkantoran dan lain-lain menjadi satu kesatuan jaringan. fungsi atau kegunaan dari LAN yaitu supaya perangkat-perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya terutama untuk sharing. contohnya di sebuah kantor terdapat 8 PC dan 1 printer kemudian untuk bisa berkomunikasi di pasanglah semacam sambungan LAN agar bisa melakukan sharing antar beberapa komputer, sehingga dapat bekerja secara efesien.
  • MAN (Metropolitan Area Network )
adalah sebuah koneksi yang seperti LAN, namun ruang lingkup yang lebih luas.misalanya satu RT, kecamatan atau dalam satu kota, kegunaanya tentu sama dengan LAN.
  • WAN (Wide Area Network )
adalah suatu jaringan atau sambungan yang menghubungkan beberapa LAN atau MAN, dan ruang lingkupnya lebih besar dari MAN.walau bisa saja tempat dan ukuran daerahnya lebih kecil dari MAN.
memnag MAN dan WAN hampir baersinggungan tapi yang jelas WAN lebih besar dari MAN. sementara perangkat yang digunakan MAN biasanya milik sendiri, sedangkan WAN biasanya numpang punya oranglain.
Biasanya di gunakan untuk komunikasi antar propinsi yang bisanya melibatkan provider lain untuk berkomunikasi misalnya anda punya 2 kantor di jakarta untuk melakukan komunikasi menggunakan radio link dan menhubungkannya dengan jarinagn, jaringan sperti ini di namakan sistem MAN. kemudian anda mau lapor ke kantor di surabaya , karena tidak mungkin membuat suatu sambungan maka anda menggunakan jasa telkom untuk melakukan sambungan nah ini di namakan sistem WAN.

artikel terkait:

Judul Arikel Fungsi LAN,MAN,WAN dan beberapa contohnya
Oleh Fahmi Aziz pada |12:52 AM .
Deskripsi dari artikel Fungsi LAN,MAN,WAN dan beberapa contohnya. Rating: 5

3 comments:

yudhaardiansyah said...

kita juga punya nih artikel mengenai lan, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2841/1/57.pdf

Dewi putri sihite said...

mas izin copi yehh

Dewi putri sihite said...

izin copy ya mas