Tuesday, July 24, 2012

Cara Service Remote TV tidak berfungsi normal

Remote merupakan bagian dari perangkat televisi yang di jadikan sebagai sarana untuk mempermudah kita dalam mengoperasikan sebuah televisi. Komponen remote terdiri dari infra merah, ic chip,dan beberapa komponen pendukung lainnya. fungsi dari remote TV adalah untuk mengatur /mengoperasikan TV dari jarak jauh sehingga kita sebagai pengguna TV dapat dengan mudah mengganti chanel,mengatur volume ,mengatur warna dan lain-lain, hanya dengan menekan tombol yang terdapat pada remote tersebut.

Akan tetapi apa jadinya apabila alat yang berfungsi untuk mempermudah kita dalam pengoiperasian pesawat TV tersebut tidak berfungsi, kadang masayarakat pengguna TV merasakan jengkel bila hal ini terjadi, ada yang dengan membanting, memukul2,dan ada juga yang langsung menggantinya dengan remote multi yang sekarang ini sudah banyak di temukan.Memang sih dengan cara mengganti lebih praktis , hanya saja harus merogoh koceknya untuk mendapatkan remote multi tadi.

Bagi orang yang malas mengganti remote multi, karena masih sayang dengan remote aslinya ,atau bisa jadi duit di kantong lagi tipis, akan saya berikan solusi dalam menangani hal ini dengan cara sebagai berikut :
  • Lakukan pengecekan batery remote
Kadang kita malas melakukan penggantian pada batery remote, bisa jadi remote tidak berfungsi normal di karenakan batery yang sudah hampir habis atau memang sudah habis. jika sudah benara habis lakukanlah penggantian batery remote. apabila sudah di lakukan penggantian batery baru tetapi masih saja tidak normal ada kemungkinan per tempat batery berkarat sehingga tidak conek dengan mesin remote. lakukanlan pembersihan pada per yang berkarat tadi.
  • Pembersihan Lapisan karbon
Untuk hal ini biasanya remote masih bisa berfungsi hanya saja cuma beberapa tombol yang tidak berfungsi,misalnya tombol 1,5,9,dan volume up tidak fungsi, langkah nya hanya dengan membuka casing remote dan bersihkan debu yang melekat oada lapisan luar karbon, setelah bersih bisa di coba.
  • Penggantian sparepart
Sparepart / komponen pada remote juga bisa menjadi salah satu peneyebab remote tidak berfungsi. dan komponen yang sering rusak adalah infra merah dan kapasitor.




artikel terkait:

Judul Arikel Cara Service Remote TV tidak berfungsi normal
Oleh Fahmi Aziz pada |6:55 PM .
Deskripsi dari artikel Cara Service Remote TV tidak berfungsi normal. Rating: 5

1 comment:

Unknown said...

Klo remote yg sdh rusak karna element di dalam nya sudah rusak apakah bisa di perbaiki bro? Soalnya malas klo hrs ganti pke remote multi... mohon petunjuknya. Trims.