Tuesday, July 24, 2012

Cara service TV Polytron warna kuning

Di awal ramadhan kali ini saya dapat panggilan untuk service TV di tetangga sebelah yang tempatnya lumayan jauh. keluhan dari TV tersebut adalah warna kuning, jadi warnanya kurang enak di pandang karena tidak bisa tajam, kayak ada masalah dengan bagian RGB nya , cetus pasien saya? OK langsung saja saya berangkat dan setelah sampai ternyata memang benar, TV nya berwarna kuning. dan ternyata merk TV nya adalah Polytron 21 inch cembung.

Kemudian langkah pun di mulai dengan membuka casing TV, lalu melakukan pembersihan PCB yang sangat kotor sekali. dan mulai dengan solder ulang di setiap komponen yang sudah kelihatan retak. memang agak lama melakukan penyolderan ulang kali ini di karenakan hampir sebagian besar bagian dari Tv tersebut retak. kemudian yang paling terpenting adalah melakukan solder ulang pada bagian soket RGB yang nancap di belakang tabung / CRT karena di situlah penyebab dari warna kuning yang di alami oleh TV tersebut, dan pada bagian RGB pun aku melihat ada sebuah kondesator elektrolit yang sudah melembung dengan nilai 10 uF/ 250 V. lalu saya melakukan penggantian terhadap elko yang melembung tadi.

Setelah melakukan resoldering kemudian memasang PCB TV ke sarangnya dan melakukan pengetesan, ternyata byar... TV pun kembali dengan warna normalnya. hemm kerjaan pun selesai.dari pengalaman Cara Service TV Polytron warna kuning di atas mudah-mudahan dapat memberikan solusi bagi anda yang memiliki kerusakan yang sama.


artikel terkait:

Judul Arikel Cara service TV Polytron warna kuning
Oleh Fahmi Aziz pada |3:11 AM .
Deskripsi dari artikel Cara service TV Polytron warna kuning. Rating: 5

No comments: