Saturday, July 21, 2012

Fungsi Jumper pada Komputer

Si kecil yang sangat bermanfaat, itulah yang saya gambarkan untuk salah satu komponen dalam main board  yaitu jumper. Tidak lah heran kalau seorang teknisi komputer suka mencari-cari jumper tersebut. Bentuknya kecil jadi biasanya sering ngumpet, kalau lagi tidak di butuhkan suka nongol tapi giliran mau di pakai suka ngumpet. Fungsi jumper itu sendiri adalah untuk menghubungkan sebuah pin yang terdapat dalam main board, atau perangkat keras lainnya misalnya harddisk, cdrom.

Jumper sendiri sangat di perlukan dalam menentukan master atau slave pada sebuah harddisk atau cdrom, tanpa adanya jumper seorang teknisi komputer juga bisa di buat repot oleh barang yang kecil dan mungil itu tadi,  Jumper juga di gunakan untuk mereset BIOS motherboard ketika kita melakukan service komputer atau mainboard agar kembali ke settingan awal.

Letak Jumper dalam melakukan reset pada BIOS mainboard yaitu biasanya persis di samping C-mos yang ada tulisan Clear cmos.saran saya apabila ada jumper yang tidak di pakai  lebih baik di simpan, karena barang yang kecil ini sangat sulit di cari ketika kita membutruhkannya. dan janagn menyepelakan sebuah jumper, karena jumper kadang juga sebagai senjata dalam menangani suatu kasus pada komputer.


Jumper harddisk



Jumper pada mainboard





artikel terkait:

Judul Arikel Fungsi Jumper pada Komputer
Oleh Fahmi Aziz pada |9:10 PM .
Deskripsi dari artikel Fungsi Jumper pada Komputer. Rating: 5

No comments: