Friday, July 6, 2012

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia, Sebelum melangkah lebih jauh alangkah lebih baik kalau kita tahu maksud dari Teknologi Digital. yaitu suatu Teknologi yang menggunakan sistem kerja secara automatis dan tentu saja menggunakan media atau alat elektronik seperti komputer, laptop,Hp dll. dalam perkembangannya saat ini memang kita harus bisa memanfaatkan Teknologi digital , karena selain lebih cepat  dan efisien, teknologi digital juga mampu mengangkat citra bisnis.

Saya mengambil sebuah contoh sebagai salah satu manfaat dari teknologi digital, yaitu berbisnis di internet. mengapa harus bisnis online ? walaupun kita sudah memiliki bisnis offline sendiri, mempromosikan bisnis kita melalui internet tetap penting. mengapa demikian ? karena internet memiliki kelebihan - kelebihan. di antaranya ada 7 alasan utama mempromosikan suatu bisnis melalui internet, antara lain :

Ilustrasi
  1. Siap sedia 24 jam. Tidak seperti praktik bisnis offline lainnya yang layanannya tergantung pada hari kerja dan jam kerja,website kita selalu siap sedia 24 jam serta bisa di akses oleh pelanggan dari mana saja dan kapan saja.
  2. Menjangkau pangsa pasar yang tertarget. melalui promosi online, kita bisa secara efektif memasarkan bisnis berdasarkan pangsa pasar yang di targetkan.Baik area,minat,kebutuhan,pelanggan,dan lain-lain.
  3. Mengangkat citra bisnis. Dengan memiliki website,image bisnis kita bisa terangkat, walau bisnis kita tidak besar.
  4. Biaya pemasaran yang lebih efektif dan efisien. karena pemasaran melalui internet biaya relatif lebih rendah di banding pemasaran offline sehingga biaya yang di keluarkan untuk pemasaran juga lebih efektif dan efisien.
  5. Memposisikan bisnis kita di masa depan. semakin hari semakin banyak bisnis yang hadir secara online,jadi jika tidak mengikuti perkembangan, bisnis kita terkesan ketinggalan zaman.
  6. Mempermudah kita dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan. karena internet bersifat interaktif, jadi kita dengan mudah menjalin komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan customer, dan bisa melayani banyak customer dalam satu waktu.
  7. Sistem otomatisasi yang responsif. melalui sistem otomatisasi, website kita bisa memberikan respon dengan cepat ketika datang pesanan dari customer. karena di zaman yang serba instan ini , kecepatan layanan adalah suatu kemutlakan.
Bagi anda yang ingin sekedar menjadikan internet sebagai "penghasilan tambahan"pun memiliki banyak keuntungan di antaranya sebagai berikut :
  • Tidak menyita waktu kerja di perusahaan, karena bisnis anda berjalan otomatis
  • Dapat di jalankan dimana saja,asalkan ada koneksi dengan internet.
  • Biaya internet yang sekarang sudah murah
  • Bebas macet, karena anda bisa membuat koneksi internet di rumah anda sendiri, berkat teknologi yang semakin canggih yaitu USB modem.
Jadi menurut saya salah satu Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia yaitu berbisnis melalui internet, dengan adanya jaringan internet kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan baik browsing,chatting dan untuk download-download file yang di perlukan. jangan jadikan Teknologi internet ini untuk kegiatan yang bersifat jahat,atau hal-hal yang merugikan orang banyak.


Sebenarnya banyak sekali pemanfaatan teknologi digital sekarang ini, selain sebagai media promosi sekaligus penghasil rupiah melalui bisnis internet, teknologi digital juga dapat berfungsi sebagai alat pengamanan yang canggih yaitu dengan pemasangan CCTV ,baik dirumah atau kantor. bahkan bukan cuma itu di mal-mal,minimarket juga sudah memanfaatkan teknologi digital dengan alat CCTV. Dewasa ini pemanfaatan teknologi digital di indonesia sudah berjalan dengan baik, di tandai bermunculannya situs-situs dalam negeri ,baik situs jejaring sosial,situs jual beli dan yang marak sekarang ini yaitu TVonline. Kesimpulannya teknologi digital sangat bermanfaat untuk indonesia khususnya buat pebisnis online dan pengguna teknologi digital pada umumnya.

Tulisan saya kali ini juga merupakan salah satu Pemanfaatan Teknologi Digital .dan bisa di jadikan sebagai bahan untuk anda yang sedang mencari artikel Pemanfaatan Teknologi Untuk Indonesia. sekaligus ikut berpartisipasi dalam lomba writing contest, yang di adakan oleh komunitas ngawur ,dan di sponsori oleh Pusat teknologi yang di dalamnya tergabung Blogger nusantara.



artikel terkait:

Judul Arikel Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia
Oleh Fahmi Aziz pada |9:09 PM .
Deskripsi dari artikel Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia. Rating: 5

2 comments:

Anonymous said...

Artikelnya bagus, semoga jadi jawara. Saya juga salah satu peserta kontes. Artikel saya http://blogteika.blogspot.com/2012/07/sisi-gelap-pemanfaatan-teknologi.html

xfancomp said...

Terima kasih mas,, kunjungannya. punya anda juga bagus.. sama-sama berdoa saja mudah-mudahan dapat nominasi.