Monday, July 23, 2012

Penyebab Harddisk tidak terdeteksi BIOS

Harddisk adalah Perangkat keras dalam sebuah sistem komputer yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data, harddisk mempunyai ukuran atau satuan MB,GB,terra dst. Bagian komputer ini memanglah merupakan bagian vital dalam komputer, karena disanalah yang terdapat sistem operasi dari komputer, bisa berupa windows xp,windows 7,vista dll. oleh karena itu apa bila harddisk rusak maka sistem pun tidak bisa berjalan, kerusakan pada harddisk juga banyak macamnya diantaranya Harddisk tidak terdeteksi BIOs, Harddisk bunyi, bad sector dll.

Penyebab harddisk tidak terdeteksi BIOS, kali ini saya mencoba menulis tentang harddisk yang tidak bisa terdeteksi oleh BIOS. untuk mengetahui harddisk terdeteksi atau tidak oleh bios silahkan saja anda coba masuk BIOS dan lihat pada pada menu main yang terdapat di bios dan lihat biasanya pada primary master atau secondary master atau yang lainnya tergantung anda memasukkan kabel IDE nya,apakah ada merk/ satuan dari hdd tersebut, apabila none berarti tidak terdeteksi. Nah apabila harddisk tidak terdeteksi ada beberapa cara yang biasa saya lakukan :
  • mencoba mengganti kabel IDE
Memang kabel IDE lumayan sering terjadi dalam kasus harddisk tidak terdeteksi, jadi saya menyarankan untuk mengganti kabel IDE nya, bisa dengan memakai kabel yang di pakai buat CDROM atau ganti dengan yang baru
  • Kabel Tegangan (volt dari power supply )
Karena pemasangankabel teganaganyang terburu-buru , biasanya juga menjadi penyebab harddisk tidak terdeteksi, karena harddisk tidak mendapatkan supply tegangan, sehingga harddisk tidak bekerja.
  • Karat
Penyebab yang lainnya yaitu karena karatan pada beberapa Pin atau pada PCB harddik yang menghubungkan antara beberapa pin, solusinya dengan membuka harddisk dan mencoba membersihkan karatnya, sehingga bisa terkoneksi lagi.dan faktor yang satu ini juga sering terjadi pada Harddisk IDE

Itulah beberapa faktor penyebab harddisk tidak terdeteksi Bios yang bisa saya tuliskan disini, semoga bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang mengalami kerusakan serupa.


artikel terkait:

Judul Arikel Penyebab Harddisk tidak terdeteksi BIOS
Oleh Fahmi Aziz pada |7:36 PM .
Deskripsi dari artikel Penyebab Harddisk tidak terdeteksi BIOS. Rating: 5

No comments: