Monday, July 16, 2012

Tips Kuat Menjalankan Puasa Di bulan Ramadhan

Bulan ini insya ALLAH umat muslim kedatangan tamu agung yakni bulan ramadhan, dimana setiap umat muslim yang beriman di wajibkan menjalankan syariatnya yaitu siyam atau puasa. Puasa Ramadhan adalah tidak melakukan aktifitas makan dan minum dan hal-hal yang membatalkan puasa di siang hari di bulan ramadhan. Berpuasa bagi sebagian orang mungkin sudah menjadi kebiasaan dan sudah tidak menjadi hambatan besar, tetapi bagi yang jarang melakukannya mungkin menjadi suatu kegiatan yang lumayan berat. Ada beberapa tips Agar kuat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun ini.

  • Mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka
Mengakhirkan makan sahur merupakan salah satu tips yang biasa saya lakukan supaya di dalam melakukan puasa menjadi lebih kuat. kita ambil contoh jika waktu imsak jam 4.30, maka makan sahur harusnya jam 4.00. dan mempersiapkan makanannya jam 3.00, jangan malah kita sahur jam 3.00 terlalu lama untuk menunggu imsak dan energi kita pun sudah berkurang.
  • Siang harinya Lakukan aktifitas seperti biasa
Dalam menjalankan ibadah puasa lakukan lah aktifitas seperti biasanya, lebih banyak kegiatan atau pekerjaan menjadikan kita lupa akan waktu, maka waktu pun terasa lebih cepat berlalu. tetapi harus lah beraktifitas yang sekiranya tidak menguras tenaga yang berlebihan.
  • Lakukan Ibadah Sunah
Dengan melakukan sholat sunah, selain dapat memperbanyak amal ibadah, waktu kita pun menjadi lebih cepat, karena ada kegiatan yang kita lakukan, misalnya sholat sunah dhuha, sholat sunah rawatib duhur,ashar, dan jangan lupa untuk sering membaca alqur'an.
  •  Tidur Siang
Apabila di siang hari tidak ada aktifitas atau kerjaan, lebih baik untuk melakukan tidur siang, daripada energi kita terbuang untuk banyak bicara, dan mengobrol dengan orang yang akan merusak ibadah puasa kita , lebih baik kita melakukan tidur di siang hari.

Itulah beberapa tips yang bisa di lakukan di bulan ramadhan, dan semoga puasa tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin.




artikel terkait:

Judul Arikel Tips Kuat Menjalankan Puasa Di bulan Ramadhan
Oleh Fahmi Aziz pada |8:12 PM .
Deskripsi dari artikel Tips Kuat Menjalankan Puasa Di bulan Ramadhan. Rating: 5

No comments: