Wednesday, August 1, 2012

Cara Service Monitor Zyrex layar gelap


Pagi menjelang siang di hari ini saya mendapat suatu kerjaan untuk memperbaiki monitor yang bermerk zyrex dengan kerusakan layar gelap. Awalnya saya menduga kalau monitor tersebut mati tidak ada gambar, setelah di lakukan penyelidikan ternyata gambar munculnya sangat lama. hampir 10 menit baru mau muncul itupun gambarnya gelap gulita.langsung saja saya beraksi dengan obeng di tangan sayapun mulai dengan membuka baut yang mengunci casing belakang dengan casing depannya.

Kemudian setelah semuanya saya lucuti ,Pcb monitorpun saya keluarkan dari sarangnya dan langsung melakukan pembersihan dengan menggunakan kuas ajaib yang biasa saya pakai.setelah semuanya bersih saya lihat satu persatu komponen dari pcb tersebut apakah ada salah satu dari komponen yang mencurigakan. ternyata setelah melalui pengintaian musuhpun aku temukan yaitu elco dengan ukuran 470uf/16v dengan kondisi mengenaskan yaitu luka bakar di atas kepalanya (melembung ) saya pun segera menggantikannya dengan elko yang baru tetapi kali ini saya menggantinya dengan ukuran yang berbeda yaitu 1000uf/35 v.. letak elko tersebut adalah bagian heater dari monitor tersebut.

Percobaan pun di mulai, langsung saya tekan on pada monitor. (lohhh kok masih tidak tampil ), kemudian aku cek bagian heaternya , lampu tabung monitor menyala dengan bagus. setelah di telusuri ternyata screen FBT nya ke geser sewaktu melakukan pembersihan. setelah saya putar screen FBTnya gambarpun terang dan bagus. lalu saya memulai dengan burning dan dengan mencoba kembali  ,apakah monitor tersebut masih lama tampinya ( gelap ) ternyata Ok.

Itulah pengalaman saya dalam menangani monitor zyrex dengan kerusakan layar gelap. semoga bisa bermanfaat.


artikel terkait:

Judul Arikel Cara Service Monitor Zyrex layar gelap
Oleh Fahmi Aziz pada |7:49 PM .
Deskripsi dari artikel Cara Service Monitor Zyrex layar gelap. Rating: 5

1 comment:

Agus Supriyono said...

Berapa biayanya mas untuk ganti elco laptop saya seperti itu permasalahannya, terimakasih