Friday, July 12, 2013

Toshiba REGZA 32 kerusakan tidak menangkap chanel

Cukup lama juga tidak menulis di blog ini, sedikit berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki LCD TV merk toshiba regza, dengan model 32PB1E. kemarin siang saya di telpon oleh seorang customer yang berada di daerah mauk tangerang, dia mengeluhkan kondisi LCD TV nya yang tidak bisa menangkap gambar / sinyal TV.


Setelah saya datangi customer tersebut, langsung saja saya menyalakan TV tersebut dan melakukan pemrograman TV secara automatis dan manual ,ternyata tidak satu pun chanel yang bisa di lihat oleh TV tersebut hanya noise dan di akhiri dengan blue screen.

TVpun saya angkat dan saya bongkar, saya langsung curiga bagian tuner TV bermasalah, usut punya usut memang benar Tuner TV tersebut sudah banyak karatnya, kemudian saya melepas tuner dan membersihkannya, tapi setelah di coba kembali tv tersebut masih sama alias penyakitnya masih belum sembuh juga.

kemudian saya mencoba telpon salah satu temen saya untuk bertanya mengenai sparepart tuner tersebut, katanya tidak ada yang jual, harus pesen ke dealernya. kemudian saya telpon dealer tersebut harus beli satu modul tidak terima ketengan itu pun indent.

setelah mencari -cari kesana kemari akhirnya modul / mainboard  TV Toshiba REGZA dengan model 32PB1E di dapatkan juga dengan harga yang lumayan tinggi, kemudian saya pasang modul tersebut 2 hari kemudian di customer tersebut, dan saya nyalakan lalu saya program ulang dan hasilnya,,, jrengg TV pun kembali normal.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang mengatasi toshiba regza dengan kerusakan tidak dapat siaran, semoga bermanfaat.


artikel terkait:

Judul Arikel Toshiba REGZA 32 kerusakan tidak menangkap chanel
Oleh Fahmi Aziz pada |12:23 AM .
Deskripsi dari artikel Toshiba REGZA 32 kerusakan tidak menangkap chanel. Rating: 5

3 comments:

Unknown said...

Pak.. Saya juga mengalami hal yang sama.saya punya tv toshiba 24 inch.saat ini tv tersebut tidak bisa menangkap sinyal tv.tapi bila di pake nonton video masih bisa.apa yang harus saya lakukan pak.sehubungan saya awan dengan elektronika.

xfancomp said...

ganti tuner nya,, tapi susah carinya,, biasanya beli per blok. ganti saja modul nya pak, sesuai tipe

Tiara Travel said...

pak tv saya juga Toshiba REGZA skrng jg mengalami krsakan yg sama sprti artikel diatas, kira2 hrga utk tunner bila hrus beli perblok atau modul itu sekisaran berapa ya pak? trmksh sebelumnya