Friday, February 21, 2014

Service Tv Polytron 30 in slim mati standby


Kamis pekan lalu ada panggilan di daerah cipari ,panongan, tangerang. tepatnya di lapangan futsal Rajawali., pak paulus namanya pemilik lapangan futsal. sebelum memulai pengerjaan televisi, seperti biasa ada obrolan menarik di ujung telp. di antaranya merk tv nya, keluhannya dan berapa gede tvnya.

Langsung saja sepeda motorku melaju ke arah panongan tangerang, yang tidak jauh dari tempatku tinggal, setelah sampai disana saya langsung ke tempat kasir futsal tersebut, saya kira cewek cantik,,,ehhh ternyata om-om,,, hehehe. ya udah langsung saja terjadi percakapan :
 saya  :  pak paulusnya ada mas?
kasir   :  gak ada pak.
saya    : tadi saya di telp.pak paulus utnuk service tv polytronnya yang mati
kasir   : ohhh iya pak, silahkan masuk.

langsung saja saya menyalakan tv nya dan tidak bisa start alias standby, kemudian jurus pertama di mulai dengan membuka backover tv, dan melepas pcbnya dan kemudian di bersihkan. setelah saya bersih kan , kemudian saya perhatikan ada elko yang kebakar nilainya, 2,2 uf/160 v tepatnya di c802. kemudian saya langsung menggantinya dengan yang sama, lalu saya solder ulang bagian-bagian yang panas. sebelum melakukan percobaan. setelah saya coba ternyata  byarr nampil polytron tapi tidak lama langsung stand by,

Aduh apa lagi ini,,, oh iya model tvnya  30psxx...lupa xx nya itu apa? pokoknya ingetnya 30 ps. setelah saya perhatikan kerusakan berikutnya yaitu nyala sebentar kemudian mati,,,karena saya sudah pernah menangani kerusakan yang seperti ini untuk polytron slim adalah c402 yaitu elko senilai 1 uf/50 v.langsung aja saya ganti dengan yang baru,,, langsung tv kemudian byar...tidak mati.

Tetapi masalah berlanjut ketika sudah satu jam.... satu jam kemudian gambar semakin kecil dan tinggal garis vertikal alias lurus keatas,,,,nah apa lagi ini, setelah saya uprek ternya capasitor milar di deket elko yang kebakar yang nilainya 2.2 uf/160 v tadi sudah dtidak beres, cacat fisik nialinya 384/400 v. karena stok saya tidak ada, terpaksa jalan2 ke toko sparepart, di deket pasar cikupa, alhasil nihil. dia juga tidak punya... kemudian saya pulang ke bengkel saya di bitung , alhamdulilah ada. dan saya pasang...Tv pun kembali normal.... begitulah sedikit pengalaman ku semoga bermanfaat.



artikel terkait:

Judul Arikel Service Tv Polytron 30 in slim mati standby
Oleh Fahmi Aziz pada |12:09 AM .
Deskripsi dari artikel Service Tv Polytron 30 in slim mati standby. Rating: 5

No comments: