Thursday, July 12, 2012

Pengertian Slot AGP dan fungsinya

Slot atau Bus AGP adalah sebuah bus yang yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA,bus VESA atau Bus PCI yang dahulu digunakan. AGP sendiri singkatan dari Accelerated Graphic Port. AGP pertama kali dibuat oleh intel dalam seri chipset intel 440 pada tahun 1996, sebenarnya AGP di buat berdasarkan bus PCI , tetapi mempunyai kemampuan yang lebih baik, selain itu secara fisik,logis dan secara elektronik, AGP bersifat independent dari PCI, di dalam sebuah sisitem hanya ada satu slot, berbeda dengan PCI yang memiliki banyak slot di dalam satu sistem.

Ada beberapa Spesifikasi dari AGP,mulai dari  AGP 1x, 2x,4x,8x. ada lagi spesifikasi AGP yaitu jenisAGPpro, AGp pro ini jauh lebih bagus karena memiliki slot yang lebih panjang di banding dengan slot AGP biasa.dengan tambahan daya yang lebih besar daripada AGP biasa yaitu 25 watt lebih besar. jika di lihat dari daya yang dapat disupplaynya terlihat jelas bahwa AGPpro dapat digunakan untuk kartu grafis yang berkinerja lebih tinggi yang di tujukan untuk workststion graphic.seperti ATI Firegl. atau NVIDIA Quadro.

Selain faktor kinerja video yang lebih baik, alasan mengapa intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara langsung, yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan. tetapi di era tahun 2006 -an AGP telah di geser oleh kartu Grafis yang berbasisi PCI Express x16,yang dapat mentransfer data hingga 4000 mbyte/detik.yang hampir dua kali lebih cepat dari AGP 8x,dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit hanya sekitar 800mV saja.


slot AGP



artikel terkait:

Judul Arikel Pengertian Slot AGP dan fungsinya
Oleh Fahmi Aziz pada |8:12 PM .
Deskripsi dari artikel Pengertian Slot AGP dan fungsinya. Rating: 5

No comments: